Itsar: Warga Palestina Memberi Bantuan kepada Korban Tanah Longsor Banjarnegara


Haru rasanya mendengar dan membaca bahwa umat Islam di Palestina, khususnya di jalur Gaza mengadakan aksi solidaritas untuk korban bencana tanah longsor di Banjarnegara. Padahal sebagaimana diketahui umat islam di Palestina sedang menghadapi masa sulit, bukan saja karena hamtaman roket dari Zionis Yahudi, tetapi juga ganasnya musim dingin yang disebut oleh warga Gaza dengan istilah arba'iniyat (40 hari yang dalam waktu tersebut suhu dingin berada di titik paling ekstrim). Yah, di saat mereka sedang membutuhkan bantuan tetapi justru mereka memberi bantuan. Ini mengingatkan saya pada sebuah kisah dalam sebuah riwayat yang dialami oleh sahabat Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam.


Dia adalah sahabat Rasulullah Ikrimah Bin Abu Jahal yang telah memerangi orang muslim selama 22 tahun lamanya. Kemudian masuk Islam dan menemui ajalnya dalam keadaan syahid.

Pada hari pertempuran Yarmuk banyak orang-orang muslim yang terluka parah diantaranya adalah Ikrimah yang diletakkakkan di samping sahabat-sahabat lain yang mengalami luka sepertinya. Kemudian saudara sepupu Ikrimah mencarinya dia mengatakan dalam sebuah riwayat,“saya mencari anak paman saya Ikrimah. Saya mendapatinya berada di antara orang-orang yang terluka sedang merintih-rintih dan hampir saja meninggal karena kehausan. Maka saya mendatanginya dengan membawa air. Saya berkata kepadanya,”minumlah!!” kemudian ketika hendak meminumnya ia mendengar suara saudaranya yang juga hampir meninggal karena kehausan. Kemudian ia berkata,”Demi Allah saya tidak akan meminumnya sebelum saudara saya meminum” maka saudarnya tadi mendatangi yang lain sampai kesepuluh orang. kemudian yang kesepuluh tadi mengatakan,” Demi Allah saya tidak akan meminum setelah Ikrimah meminumnya” namun ketika saudarnya tadi mendatangi Ikrimah sekali lagi, didapatinya sudah meninggal dunia.

Lalu bagaimana kita? Akankah akan diam menyaksikan saudara kita di Palestina dan di Suriah menghadapi ganasnya musim dingin  dan hebatnya gempuran orang-orang yang memusuhi Islam? Jika hati kita tergerak, kita bisa ulurkan bantuan kepada mereka.

Caranya, silakan baca di postingan di link ini.




About Al Inshof

Al Inshof adalah blog yang memberikan kejernihan dalam menimbang hidup. Islam adalah agama tengah tengah. Tidak berlebih lebihan namun juga tidak menyepelekan.

0 Comments :

Posting Komentar