Tak Sesuai Realita, AS Akui Hanya Tewaskan Beberapa Warga Sipil Suriah



Washington - Pernyataan Pentagon terbaru menyebutkan tiga serangan terpisah dari pasukan udara AS telah mengakibatkan korban sipil. Semua serangan dalam jangka waktu sepekan ini dilakukan di Suriah, di dalam dan sekitar wilayah ISIS.

Pada 7 September lalu AS melakukan serangan di Deir Ezzor, yang menghancurkan sebuah “kendaraan non-militer”. Tidak ada detail laporan terkait korban yang tewas.

Menurut laporan Komando Pusat AS (CENTCOM), serangan terhadap kendaran non-militer juga dilakukan tanggal 12 September di Ash Shaddadah. Belakangan diketahui bahwa penumpangnya adalah warga sipil.

Tanggal 10 September, serangan udara AS menyerang target ISIS di dekat Raqqa. AS mengatakan telah membunuh sejumlah warga sipil di daerah sekitarnya. Namun sekali lagi, tidak ada rincian tentang berapa banyak korban yang tewas.

CENTCOM jarang mengaku pembunuhan terhadap warga sipil dalam serangan di Iraq atau Suriah. Investigasi terkait jumlah korban juga tidak pernah diselesaikan. Kalaupun ada, laporan “tidak kredibel” dan jauh dari pertanggung jawaban. Meskipun pengamat menyebutkan korban serangan udara AS di beberapa tempat berjumlah ratusan warga sipil, tetapi CENTCOM hanya mengakui segelintir darinya.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Kiblat.net
Share on Google Plus

About edris ernawan