Penetapan Tanggal 1 Dzulhijjah 1436 H


بسم الله الرحمن الرحيم
الحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad saw,
فِطْرُكُمْ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَأَضْحَاكُمْ يَوْمَ تُضَحُّونَ

“Hari Fithri kalian adalah hari fithri kaum muslimin; hari Adhha kalian adalah hari Adhha kaum muslimin.” (HR. Imam asy-Syafi’i dalam al-Umm hadits no. 372 dan al-Bayhaqi dalam as-Sunan al-Kubra hadits no. 9600)

صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ

Bershiyamlah karena melihat hilal dan berbukalah karena melihatnya.” (Diriwayatkan Muslim hadits no 1081 dan an-Nsa`i hadits no. 2124)

Dan berdasarkan pengamatan di beberapa titik pada hari ini Ahad 29 Dzulqa’dah 1436 H/ 13 September 2015 di Surakarta, juga berdasarkan informasi dari sebagian kaum muslimin yang telah melaksanakan ru`yatul hilal di berbagai daerah bahwa mereka tidak melihat hilal,

Mudir Ma’had Aly an-Nuur Sukoharjo Jawa Tengah memutuskan bahwa bulan Dzulqa’dah 1436 H. digenapkan menjadi 30 hari dan bulan Dzulhijjah 1436 H jatuh pada hari Selasa bertepatan dengan tanggal 15 September 2015.

Ditetapkan pada pukul 19.38 WIB di Sukoharjo, 30 Dzulqa’dah 1436 H.

KH. Imtihan asy-Syafi’i
Mudir Ma’had Aly an-Nuur

About Al Inshof

Al Inshof adalah blog yang memberikan kejernihan dalam menimbang hidup. Islam adalah agama tengah tengah. Tidak berlebih lebihan namun juga tidak menyepelekan.

0 Comments :

Posting Komentar