Syarat yang Diajukan Oposisi dalam Dialog pada Januari 2014

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapakn tanggal 22 Januari 2014 sebagai waktu yang akan digunakan untuk mengadakan perundingan antara rezim Basyar Assad dengan kelompok oposisi.

Sebagaimana telah diketahui sebelumnya bahwa pengumuman tanggal pelaksanaan dialog dilontarkan setelah pertemuan Utusan Khusus Perdamaian PBB, Lakhdar Brahimi dengan perwakilan dari Amerika Serikat dan Rusia berlangsung. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin 25 November 2013 di Jenewa, Swiss.

Menjelang dialog damai, kelompok oposisi yang diwakili oleh Koalisi National Suriah (SNC) angkat bicara. Kelompok ini tetap akan menolak hadir dalam perundingan jika syarat-syarat yang mereka ajukan tidak dipenuhi. Beberapa syarat yang diajukan menjelang diadakannya dialog tersebut, antara lain:

  1. Pembebasan beberapa tahanan, 
  2. Pemberian bantuan atas sejumlah kota yang terkepung
  3. Tidak diikutsertakan Presiden Bashar Al Assad dalam Pemerintahan Suriah selanjutnya.
Disamping itu mereka juga menginginkan adanya dukungan atas semua pasukan pemberontak Suriah teramasuk yang ada hubungannya dengan kelompok Al Qaeda. Tanpa terpenuhinya syarat-syarat tersebut dialog tidak bisa diharapkan akan terjadi
(AR70/alinshof.blogspot.com)

Share on Google Plus

About Buletin Alinshof