Pukul Balik Taliban, Obama Minta Penyebaran 30 Ribu Tentara Dipercepat

Washington - Rencana Presiden AS Barack Obama untuk mengirimkan 30 ribu tentara ke Afganistan akan memakan waktu selama 6 bulan. Sesampainya di Afganistan, Obama meminta penyebaran tentara dipercepat untuk memukul balik Taliban.

Demikian disampaikan pejabat senior pemerintah AS, seperti dilansir Reuters, Rabu (2/12/2009).

Penyebaran ini merepresentasikan spekulasi besar yang dilakukan Obama dalam menghadapi keraguan kader Partai Demokrat, dan ketidakpastian tentang strategi AS. Pentagon berharap penyebaran ini dapat memakan waktu lebih cepat dari 12-18 bulan.

Obama berjanji akan menaruh perhatian lebih atas Afganistan. Namun, ia harus menghadapi beberapa keraguan penasihat tentang pengiriman 'nyawa dan uang' AS ke Kabul. Sebabnya, pemerintahan Afganistan terlihat jelas sangat korup dan ceroboh.

Strategi baru ini akan meningkatkan jumlah total tentara AS di Afganistan menjadi 100 ribu pasukan sampai dengan Mei atau Juni mendatang, dari sekitar 68 ribu pasukan sekarang. Hal itu dimaksudkan untuk menyiapkan pukulan balik yang cepat dan kuat atas kebangkitan Taliban di tanah Afganistan. Misi ini akan mengurangi pembendaharaan AS sekitar US 30 miliar sampai US 40 miliar lebih tiap tahun.
Share on Google Plus

About Buletin Alinshof